KETERAMPILAN MENULIS
(Ringkasan Materi KKB-1)
1. Pengertian Menulis
Rusyana (1984:191) , menunjukkan batasan bahwa kemampuan menulis atau mengarang yaitu kemampuan menggunakan referensi pola bahasa dalam tampilan tertulis untuk mengungkapkan gagasan atau pesan.
2. Karakteristik Keterampilan Menulis
a. Empat karakteristik keterampilan menulis yang sangat menonjol , yakni;
b. keterampilan menulis merupakan kemampuan yang komplek;
c. keterampilan menulis condong ke arah skill atau praktik;
d. keterampilan menulis bersifat mekanistik;
e. penguasaan keterampilan menulis harus melalui aktivitas yang bertahap atau akumulatif.
3. Tahap-Tahap Menulis
Menurut Sabarti dkk. (1995:6) , secara teoretis proses penulisan meliputi tiga tahap utama , yaitu prapenulisan , penulisan , dan revisi
4. Proses Penulisan
a. Draf kasar; membuat draf dimulai dengan menelusuri dan membuatkan gagasan-gagasan..
b. Berbagi; sebagai penulis kita sangat bersahabat dengan goresan pena sehingga sulit untuk menilai secara objektif. Oleh karena itu , kita perlu meminta orang lain untuk membaca dan menunjukkan umpan balik..
c. Penulisan kembali; tulis kembali goresan pena Anda , masukkan isi yang gres dan perubahan-perubahan penyuntingan.
d. Evaluasi; periksalah kembali untuk memastikan bahwa Anda telah menyelesaikan apa yang Anda rencanakan dan apa yang ingin Anda. sampaikan. Walaupun ini merupakan proses yang terus berlangsung , tahap ini menandai tamat proses menulis.
5. Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Tujuan Penulisan
a. Eksposisi: bentuk karangan yang berusaha menerangkan , menguraikan atau menganalisis suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pengetahuan dan pandangan seseorang
b. Deskripsi: penggambaran dengan katakata suatu benda , daerah , suasana atau keadaan
c. Narasi: corak goresan pena yang bertujuan menceritakan rangkaian peristiwa atau pengalaman insan (tokoh) berdasarkan perkembangan dari waktu ke waktu
d. Argumentasi: corak goresan pena yang bertujuan mengambarkan pendapat penulis atau meyakinkan biar mendapatkan pendapatnya
e. Persuasi : Karangan yang bertjuan membujuk atau mengajak pembaca untuk melaksanakan sesuatu hal yang disampaikan oleh penulis.
MODUL LENGKAP , SOAL KK PROFESIONAL BACA DI SINIMODUL LENGKAP , LK , SOAL KK PEDAGOGIK BACA DI SINI
Sumber:
Wibowo , Hari dkk. 2016. Ragam Bahasa dan Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa , Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Comments
Post a Comment